Kemudahan di Era Smartphone

​Bertransaksi jual-beli di era internet seperti sekarang ini, penjual dan pembeli tidak harus keluar rumah.

Saya pernah bangun jam 12 malam untuk mencari terjemahan kitab “Bidayatul Hidayah” karya Imam Ghazali di internet. Alhamdulillah saya mendapatkannya. Di samping file PDF yang bisa didownload gratis, saya juga mendapati kitab fisik yang dijual di salah satu toko buku online. Segera saya pesan satu lewat sms, setelah itu saya bayar lewat sms banking. Alhamdulillah tidak sampai 10 menit sudah selesai. Seperti berjual-beli di toko pada umumnya. Bahkan lebih mudah, karena saya tidak perlu keluar malam-malam dan tidak perlu membawa uang fisik.

Sebelumnya juga pernah beli terjemahan “At-Tadzhib” karangan Dr. Musthofa Al-Bugho di toko online.

Cara seperti ini sudah sering saya lakukan. Bahkan saya sudah punya langganan fotokopi yang bisa mencetak file PDF menjadi buku seperti aslinya. Saya sudah mencetak “Kifayatul Akhyar” dari PDF menjadi kitab fisik dan hasilnya sempurna, seperti aslinya. Kemudian juga kitab “Al-Jihad wal Qital fis Siyasah Asy-Syar’iyah”. Dan saya melakukan semua itu tanpa harus keluar rumah. Semuanya saya lakukan dari tempat saya berada. Kadang di rumah, di kantor bahkan di perjalanan. Hanya bermodalkan hp saja.

Sejak dulu saya memang suka dengan buku. Apalagi setelah pulang dari Suriah, kesukaan saya bertambah. Bukan hanya buku-buku berbahasa Indonesia saja, melainkan juga kitab-kitab berbahasa Arab. Bagi saya, buku seperti mesin waktu yang bisa mengantarkan saya ke berbagai belahan dunia, lintas waktu dan tempat, serta menjadikan saya bisa mengetahui berbagai macam pikiran yang ada di kepala orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: