Hukum Menggabungkan Dua Niat dalam Satu Ibadah

SATU IBADAH DENGAN MULTI NIAT BOLEHKAH?

Pertanyaan:

“Dari tgl 10 Syawal sampai tgl 15 Syawal akan terkumpul 3 puasa sunnah sekaligus

1. Puasa Bidh (13, 14, 15)
2. Puasa Senin Kamis (11, 14)
3. Puasa Syawal

Postingan ini kmrn di grup sblh jadi bhn perdebatan..antara boleh dan tdknya mengumpulkan bbrp niat dlm 1 ibadah.. Mohon penjelasannya ustadz Danang..”

Jawaban:

Dalam kitab Mausuah Fiqhiyah (12/24) disebutkan:

إِنْ أَشْرَكَ عِبَادَتَيْنِ فِي النِّيَّةِ، فَإِِنْ كَانَ مَبْنَاهُمَا عَلَى التَّدَاخُل كَغُسْلَيِ الْجُمُعَةِ وَالْجَنَابَةِ، أَوِ الْجَنَابَةِ وَالْحَيْضِ، أَوْ غُسْل الْجُمُعَةِ وَالْعِيدِ، أَوْ كَانَتْ إِحْدَاهُمَا غَيْرَ مَقْصُودَةٍ كَتَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ مَعَ فَرْضٍ أَوْ سُنَّةٍ أُخْرَى، فَلاَ يَقْدَحُ ذَلِكَ فِي الْعِبَادَةِ؛ لأَِنَّ مَبْنَى الطَّهَارَةِ عَلَى التَّدَاخُل، وَالتَّحِيَّةُ وَأَمْثَالُهَا غَيْرُ مَقْصُودَةٍ بِذَاتِهَا، بَل الْمَقْصُودُ شَغْل الْمَكَانِ بِالصَّلاَةِ، فَيَنْدَرِجُ فِي غَيْرِهِ.

أَمَّا التَّشْرِيكُ بَيْنَ عِبَادَتَيْنِ مَقْصُودَتَيْنِ بِذَاتِهَا كَالظُّهْرِ وَرَاتِبَتِهِ، فَلاَ يَصِحُّ تَشْرِيكُهُمَا فِي نِيَّةٍ وَاحِدَةٍ؛ لأَِنَّهُمَا عِبَادَتَانِ مُسْتَقِلَّتَانِ لاَ تَنْدَرِجُ إِحْدَاهُمَا فِي الأُْخْرَى

“Seandainya seseorang melakukan dua ibadah sekaligus dengan satu niat, maka apabila dua ibadah tersebut bisa saling menyatu seperti mandi Jumat dengan mandi junub, mandi junub dengan mandi haid, mandi Jumat dengan mandi Ied; atau salah satu ibadah tersebut bukan ibadah ‘maqshudah’ seperti shalat tahiyatul masjid dengan shalat fardhu atau shalat sunnah lainnya, maka semua itu tidak mencederai ibadah tersebut.

Namun apabila kedua ibadah itu adalah ibadah ‘maqshudah’ seperti shalat Zhuhur dengan sunnah rawatibnya, maka tidak sah digabung dengan satu niat karena masing-masing dari keduanya adalah ibadah independen yang tidak bisa saling menyatu.”

Dalam Fatwa Islamweb no. 103240 disebutkan:

اعلم أنه لا حرج في الجمع بين صيام الإثنين والخميس وبين أي صوم آخر، لأن الصوم يوم الإثنين والخميس إنما استحب لكونهما يومين ترفع فيهما الأعمال، فأحب النبي صلى الله عليه وسلم صيامها لترفع أعماله وهو صائم

“Ketahuilah bahwa tidak apa-apa menggabungkan puasa Senin-Kamis dengan puasa lain karena puasa Senin-Kamis dianjurkan hanyalah karena pada dua hari itu amalan dinaikkan ke langit maka Nabi SAW suka berpuasa supaya ketika amalan diangkat beliau dalam keadaan berpuasa.”

Buya Yahya pernah ditanya tentang masalah ini:

Assalamualaikum wr. wb. Buya sy mau bertanya tentang puasa, Bolehkah puasa sunat syawal niatnya digabung dengan puasa qhodha” ?

Jawaban :

Puasa sunnah Syawal selama 6 hari adalah termasuk sunnah yang dikukuhkan. 6 hari itu bisa secara berurutan dan juga boleh dipisah – pisah yang penting puasa itu dilakukan di bulan Syawal. Adapun bagi seseorang yang pernah punya hutang puasa seperti wanita haid jika ingin mengqodho maka tidak diperkenankan menggabung antara niat qodo dengan puasa Syawal. Akan tetapi jika ia melakukan puasa qodho dengan niat qodho bertepatan di hari Syawal secara otomatis ia kan mendapatkan pahala puasa di bulan Syawal. Jadi cara niatnya cukup niat puasa qodho saja dan disaat itu ia mendapatkan pahalanya puasa Syawal.

Maka dihimbau bagi wanita atau siapapun yang mempunyai hutang puasa hendaknya diqodho di bulan Syawal agar mendapatkan pahalanya Syawal sekaligus. Tapi ingat niatnya tetap niat mengqodho saja.

Adapun jika puasa Syawal digabung dengan puasa sunnah yang lainnya adalah boleh. Bagi orang yang tidak punya hutang ingin menggabung antara puasa Syawal dengan puasa Senin adalah bagus dan akan mendapatkan 2 pahala. Misalnya : “ Saya niat puasa Senin digabung dengan niat puasa Syawal…” atau “ puasa Kamis dengan puasa Syawal.. “ atau “ puasa Daud dengan puasa Syawal..” adalah boleh. Semoga Allah menjadikan kita ahli ibadah dan semoga Allah menerima amal kita. Wallahu a’lam bisshowab.

http://buyayahya.org/buya-menjawab/cara-menggabung-niat-puasa-syawal-dengan-puasa-lain-buya-yahya-menjawab.html

Jadi, kalau puasa Syawal bertepatan dengan Senin-Kamis dan Bidh, cukup niatkan puasa Syawal saja maka akan tercapai pahala semuanya insyaallah. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: