Takwil Kata “Wajah” Dalam Al-Quran

Kata “wajah Allah” yang banyak disebutkan di dalam Al-Quran ditafsirkan oleh para ulama dengan banyak tafsiran (baca: takwil). Di antaranya adalah kiblat Allah, agama Allah, kebenaran (al-haq) dan lain sebagainya. Tafsir atau takwil semacam ini bukan hanya dilakukan oleh generasi Khalaf saja, bahkan banyak diriwayatkan dari Salafus Shalih tanpa ada pengingkaran.

Misalnya, riwayat dari Ja’far Ash-Shadiq menyebutkan bahwa yang dimaksud “wajah Allah” dalam ayat 88 surat Al-Qashash adalah “agama Allah”. Ibnu Kaisan menafsirkannya “kerajaan Allah”. Sementara Mujahid menafsirkannya dengan “Allah itu sendiri”. Selengkapnya: baca di sini.

Mengapa bisa demikian? Berikut ini penjelasannya:

الوجه لفظ مشترك . تارة يراد به الوجه الذي هو الصفة الذاتية ، وتارة يراد به الدين والقصد ، وتارة يراد به الجهة والوجهة – وسياق الكلام هو الذي يحدد المقصود في كل مكان بحسبه . فإذا فسر الوجه في موضع بأحد هذه المعاني لدليل اقتضى ذلك من دلالة السياق أو غيره ، صح ذلك

“Wajah merupakan kata yang musytarak (homonim). Kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan wajah yang merupakan sifat dari dzat. Kadang juga untuk din (agama) dan qashd (niat dan tujuan). Kadang juga untuk menunjukan arah dan pandangan. Konteks kalimatlah yang menentukan maksud dari semua itu. Setiap kata dimaknai sesuai konteksnya. Maka apabila kata wajah ditafsirkan dengan salah satu dari makna-makna di atas karena adanya dalil yang mengharuskan hal itu, yaitu berupa konteks kalimat atau selainnya, maka hal itu adalah SAH.” (Nazhoroot wa Ta’qiibaat karangan Dr. Shalih Al-Fauzaan)

Meskipun sebagian orang tidak menganggap hal ini sebagai takwil, termasuk pemilik penjelasan di atas, namun inilah yang dimaksud takwil oleh para ulama yang menakwilkan. Apakah dengan demikian berarti khilafnya lafzhi? Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: