Tidak Mengerti Fikih Sama Sekali

Pernahkah Anda menjumpai orang-orang yang mengatakan seperti ini, “Saya tidak bermazhab. Mazhab saya adalah mazhab Rasulullah SAW. Kalau hadis sohih itulah mazhab saya…” atau kata-kata semacam itu? Kalau pernah, maka sebenarnya orang seperti itu adalah orang yang jahil (bodoh) tapi merasa telah berilmu.

Memang makna kata-kata itu benar, tapi seringkali penempatannya keliru. Jelas, Rasulullah SAW tidaklah mungkin disandingkan dengan makhluk lain, dan istilah “mazhab Rasulullah” sendiri belum pernah dikenal dalam sejarah umat Islam karena apa yang diajarkan oleh Rasulullah tidak disebut mazhab tapi sunnah. Begitu juga ungkapan “Jika hadis sohih maka itulah mazhabku” telah diucapkan oleh para imam pakar hadis dan fikih seperti Imam Syafii dan orang-orang selevel beliau yang mampu berijtihad dan beritimbat dari sumber-sumber syariat secara langsung, bukan orang-orang awam yang masih bodoh tentang agama seperti kita.

Al Khathib Al Baghdadi berkata: Saya pernah mendengar Muhammad bin Umar Ad Dawudi berkata:

Ibnu Syahin adalah seorang tsiqoh (terpercaya) menyerupai para syaikh, hanya saja ia sering keliru. Dia juga tidak mengerti tentang fikih sama sekali, dan kalau disebutkan di depannya mazhab-mazhab para fuqoha (ahli fikih) seperti Asy Syafii dan lain-lain, ia berkata: “Saya orang yang bermazhab Muhammadi.” (Dinukil oleh Imam Dzahabi dalam Siyar A’lam An Nubalaa’ 15/32, Muassasah Ar Risalah)

Perhatikanlah bagaimana Ad Dawudi menjuluki orang semacam itu dengan orang yang “tidak mengerti tentang fikih sama sekali.” Padahal, yang dijuluki tersebut adalah salah seorang tokoh terkenal yang mendapatkan predikat “tsiqoh” dari beberapa ulama. Bagaimana jika yang mengatakan itu adalah orang-orang awam di zaman kita yang miskin ilmu –tapi ngeyel- dan menolak semua mazhab fikih para ulama dengan dalih ingin mengikuti hadis sohih? Bukankah mazhab-mazhab fikih yang ada sebenarnya adalah tafsir terhadap hadis-hadis sohih –terlepas dari benar atau tidaknya tafsiran itu sendiri?

Wallahu a’lam bish showab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: