Konsekuensi Ilmu Terhadap Amal

(Diambil dari kitab Iqtidhau l-ilmi l-amal karya Khatib Al Baghdadi)

Wahai saudaraku, menjadi orang bodoh selalu tidak menyenangkan, bahkan membahayakan, karena kebodohan kita takkan menyelamatkan kita dari siksa neraka, kebodohan takkan diterima sebagai alasan untuk membenarkan kesalahan kita, terutama bodoh dalam masalah agama. Oleh karena itu, ilmu adalah prasyarat mutlak untuk mengusir kebodohan. Karena ilmu dan kebodohan tak mungkin bersatu. Tapi, dengan ilmu saja belum cukup, karena ilmu hanya sebagai penunjuk sedangkan keputusan ada di tangan kita masing-masing. Ilmu ibarat peta yang menerangkan mana jalan yang aman dan mana yang bahaya dan penuh rintangan.

Berikut ini kumpulan nasehat dari Imam Khatib Al Baghdadi, seorang imam besar yang termasuk dalam jajaran para Ahli Hadits pada zamannya:

العلم شجرة والعمل ثمرة ، وليس يعد عالما من لم يكن بعلمه عاملا

Ilmu adalah pohon, sedangkan amal adalah buah. Seseorang tidak disebut sebagai ahli ilmu sampai ia mengamalkan ilmunya.

لا تأنس بالعمل ما دمت مستوحشا من العلم ، ولا تأنس بالعلم ما كنت مقصرا في العمل ولكن اجمع بينهما ، وإن قل نصيبك منهما

Jangan ragu untuk beramal meski ilmu yang kau miliki baru sedikit, dan jangan ragu untuk belajar meski amal yang kamu miliki baru sedikit. Tapi, kumpulkanlah kedua-keduanya meski hanya dapat sedikit-sedikit dari keduanya.

ما شيء أضعف من عالم ترك الناس علمه لفساد طريقته ، وجاهل أخذ الناس بجهله لنظرهم إلى عبادته

Yang paling memprihatinkan adalah seorang ahli ilmu yang ditinggalkan manusia karena keburukan akhlaknya atau seorang bodoh yang diikuti manusia karena banyak ibadahnya.

قال بعض الحكماء : العلم خادم العمل ، والعمل غاية العلم ، فلولا العمل لم يطلب علم ولولا العلم لم يطلب عمل ، ولأن أدع الحق جهلا به أحب إلي من أن أدعه زهدا فيه

Para ahli hikmah mengatakan: ilmu adalah pelayan amal, sedangkan amal adalah tujuan akhir dari ilmu. Andai bukan karena amal, maka takkan dicari ilmu, dan andai bukan karena ilmu takkan diminta amal.

Meninggalkan suatu amal kebaikan karena tidak tahu lebih aku sukai daripada meninggalkannya karena malas melakukannya.

كما لا تنفع الأموال إلا بإنفاقها ، كذلك لا تنفع العلوم إلا لمن عمل بها ، وراعى واجباتها

Harta takkan bermanfaat tanpa dibelanjakan. Demikian pula ilmu takkan bermanfaat tanpa diamalkan dan dipenuhi konsekuensinya.

فلينظر امرؤ لنفسه ، وليغتنم وقته ، فإن الثواء قليل والرحيل قريب ، والطريق مخوف ، والاغترار غالب ، والخطر عظيم ، والناقد بصير ، والله تعالى بالمرصاد ، وإليه المرجع والمعاد ( فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره ، ومن يعمل مثقال ذرة شرا يره

Hendaknya setiap orang memperhatikan dirinya sendiri dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, karena hidup ini sebentar, kematian sangat dekat, jalan sangat mengerikan, tipuan di sana-sini, bahaya malang melintang, malaikat maut selalu mengintai, Allah swt selalu mengawasi, kepada-Nya tempat kembali. “Barangsiapa beramal baik sekecil apapun akan melihatnya, barangsiapa beramal buruk sekecil apapun akan melihatnya pula”.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « لا تزول قدما عبد يوم القيامة حتى يسأل عن أربع : عن عمره فيما أفناه، وعن علمه ماذا عمل فيه ، وعن ماله من أين اكتسبه وفيما أنفقه ، وعن جسمه فيما أبلاه»

Rasulullah saw bersabda: “Pada hari kiamat, setiap orang takkan dibiarkan berlalu selangkah pun sampai ditanya tentang empat perkara: (1)tentang umurnya bagaimana ia menghabiskannya, (2) tentang ilmunya apa yang sudah diamalkan, (3) tentang hartanya dari mana mendapatkannya dan ke mana dibelanjakannya, dan (4) tentang jasadnya untuk apa digunakan” (Ad Darimi, Tirmidzi: Hasan Shahih)

بادر شبــابك أن يهرمــا وصحة جسمك أن يسقمــــا
وأيام عيشـــك قبل الممات فما دهر من عاش أن يسلمـــا
ووقت فـــراغك بادر بـه ليالي شغلك في بعض مـــــا
وقدم فكـــل امرئ قـادم على بعض ما كان قد قدمـــا

Manfaatkanlah masa mudamu sebelum kau tua renta
Juga kesehatanmu sebelum kau sakit-sakitan
Serta hidupmu sebelum ajal melenyapkan segalanya
Tak seorang pun yang hidup di dunia ini akan selamat
Waktu senggangmu, isilah segera dengan kesibukan
Malam harimu, ambillah sebagiannya
Persembahkanlah yang terbaik
Karena setiap orang ‘kan memanen hasil amalnya

10 Agustus 2008

2 komentar

  1. andi · · Balas

    Assalamualaikum ustadz, saya minta izin untuk mengcopy atau menshare baik seluruh atau sebagian artikel antum untuk saya jadikan rujukan artikel saya.. terima kasih.. wass

    1. Wa’alaikumsalam. Silahkan akhi, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: